Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 DAFTAR ANIME GENRE SPORT TERBAIK PADA MASANYA

 10 DAFTAR ANIME GENRE SPORT TERBAIK PADA MASANYA


Ada banyak jenis oleh raga yang diminati oleh masyarakat, dan cabang olah raga tertentu ada yang membawa atletnya menjadi legenda di dunia. Tidak berbeda dengan dalam dunia nyatanya, di dunia anime pun tidak sedikit cabang olah raga yang telah membawa dunia anime begitu populer di dunia olah raga.


1. HAIKYU!!




Haikyu jika diterjemahkan memiliki arti bola Volley, dalam bahasa kita anime ini diberi judul Haikyu!! Fly high! Volleyball! sebenarnya adalah manga shonen tulisan dan gambaran dari Haruichi Furudate. Adaptasi ke dalam bentuk anime dibuat oleh Production I. G. yang ditayangkan sejak April hingga September 2014. Seri manga dan animenya telah mendapatkan sambutan yang positif dengan penjualan yang menghasilkan 38 juta kopi.

Ceritanya berpusat pada seorang siswa SMA bernama Shoyo Hinata yang begitu terobsesi dengan olah raga volli setelah menyaksikan SMA Karasuno memenangkan pertandingan mereka untuk bisa lolos dalam kejuaraan nasional di TV. Hinata memiliki tubuh yang tidak umum alias pendek dan tidak besar. Meskipun begitu ia terinspirasi oleh pemain yang dijuluki 'raksasa kecil', seorang pemain spiker sayap Karasuno yang bertubuh pendek tetapi sangat berbakat.

Saat Hinata duduk di bangku kelas tiga sekaligus tahun terakhirnya di SMP, beberapa teman Hinata setuju untuk bergabung dengan klub volli di sekolahnya sehingga mereka berharap bisa berpartisipasi dalam turnamen. Dalam pertandingan resmi pertamanya mereka mengalami kekalahan sangat telak dari tim yang difavoritkan untuk menang turnamen. Di tim lawan ada Tobio Kageyama, siswa kelas tiga, seorang setter ajaib yang dijuluki sebagai 'raja lapangan', karena keterampilan dan gaya beramainnya yang tirani. Saat itu Hinata dan Tobio sempat terlibat dalam persaingan singkat. Dan setelah hasil pertandingan dimenangkan oleh tim lawan, Hinata pun berjanji akan membalaskan kekalahan sekolahnya dan mengalahkan Kageyama saat mereka di SMA kelak.


2. KUROKO'S BASKET BALL




Tadatoshi Fujimaki adalah penulis dan sekaligus pemberi gambar bagi mangan shonen ini. Manganya dimulai dimuat sejak bulan Desember 2008 hingga September 2014. Manga sport ini termasuk sedikit dari beberapa anime bergenre sport yang sukses mengintervensi dunia anime. Sampai dengan bulan April 2014 Kuroko's Basketball telah terjual sebanyak 27 juta kopi dalam bentuk cetak. Adaptasi animenya dimulai penayangannya pada tahun 2012 dan dibuat oleh Production I.G.

SMP Teikou memiliki klub basket yang juga sekaligus memiliki pemain yang tangguh dan berbakat yang telah menglahkan banyak sekolah dan memenangi banyak pertandingan-pertandingan. Pemain inti tersebut dijuluki dengan 'Generation of Miracles', (kiseki no sedai). Setelah mereka lulus dari sekolah tersebut, masing-masing mereka masuk ke SMA yang berbeda-beda.

Masing-masing mereka masuk ke SMA yang memiliki prestasi dalam olah raga basket yang berbeda-beda. Akan tetapi ada satu lagi pemain yang juga anggota dari 'Generation of Miracles' yang diberi gelara sang Pemain Bayangan Keenam (The Phantom sixth Player). Pemain ini sekarang menuju ke sekolah Seirin sebagai anak kelas satu. Saat ini sang pemain bayangan keenam itu yang bernama Tetsuya Kuroko dan Kagami Taiga yang menghabiskan masa SMP nya di Amerika ingin membawa SMA Seirin menjadi SMA dengan klub basket terbaik di Jepang dengan mengalahkan 'Generation of Miracles' satu demi satu.


3. PING PONG THE ANIMATION




Ping Pong adalah judul aseli manga ini yang ditulis oleh Taiyo Matsumoto yang juga sebagai penggambar bagi manga ini. Manganya sudah terbit dari tahun 1996 sampai dengan tahun 1997. Ditahun 2002 manga ini diadaptasi ke dalam live action Film dan serial anime televisinya dibuat oleh Tatsunoko Production dan disutradarai oleh Masaaki Yuasa telah ditayangkan antara bulan April hingga Juni 2014.

Meskipun memiliki kepribadian yang sangat berbeda, Peco dan Smile telah berteman sejak mereka masih kecil. Saat ini, setelah mereka menjadi pelajar di sebuah SMA, mereka berdua menjadi anggota yang berbakat dari klub tenis meja SMA Katase.

Dalam sebuah pertandingan Peco dengan telak dikalahkan oleh seorang siswa China. Sejak kekalahan itu Peco mengalami kemunduran secara mental dan merasa gagal sehingga ia memutuskan untuk berhenti berlatih. Sementara itu kepribadian Smile selalu menghalangi untuk menang melawan Peco. Namun si pelatih menemukan potensi dan bakat Smile untuk menjadi lebih baik lagi. Si pelatih pun memberikan motivasi kepada Smile untuk mengatasi hambatan psikologinya dan menjadi pemain tenis meja terbaik di sekolahnya.


4. CHIHAYAFURU




Chihayafuru adalah sebuah serial manga josei Jepang, manga josei adalah komik Jepang yang khusus membahas tentang kesenangan para wanita dan ditujukan kepada kalangan anak remaja yang sedikit lebih dewasa dan wanita dewasa pada umumnya. Chihayafuru ditulis dan digambar oleh Yuki Suetsugu. Sebuah anime hasil dari adaptasi terhadap manga ini telah tayang dari bulan Oktober 2011 sampai dengan bulan Maret 2012. Selain itu tiga live action film juga telah dirilis dari tahun 2016 hingga 2018.

Cerita anime ini adalah tentang permainan Karuta. Karuta sendiri adalah merupakan permainan kartu asal Jepang yang banyak diminati oleh kalangan remaja dan dewasa Jepang. Permainan ini diperkenalkan oleh para pedagang asal Portugis ke Jepang dipertengahan abad ke-16.

Adalah Chihaya Ayase seorang gadis yang menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mendukung saudara perempuannya dalam berkarir di dunia modelling. Semuanya berubah ketika dia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Arata Wataya. Arata Wataya adalah seorang pemain karuta yang berbakat. Setelah mereka berteman, Arata percaya Chihaya memiliki potensi untuk mejadi pemain karuta yang hebat.

Saat Chihaya mengambil jalan baru untuk meraih mimpinya menjadi pemain karuta yang hebat, dia segera dipisahkan dari teman bermain karuta saat mereka tumbuh dewasa. Sekarang saat Chihaya di sekolah menengah dia dipertemukan kembali dengan masa kecilnya bernama Taichi Masima. Bersama-sama mereka membentuk klub yang diberi nama Mizusawa Karuta. Dengan dukungan dari teman-temannya Chihaya berjuang untuk menjadi pemain karuta terbaik di Jepang dan berharap untuk suatu saat bertemu Arata kembali.


5. FREE! IWATOBI SWIM CLUB




Ini adalah anime serial televisi Jepang yang disutradarai oleh Hiroko Utsumi dan diproduksi oleh Kyoto Animation dan Animasi Do. anime ini didasarkan pada novel ringan tulisan Koji Oji, yang berjudul High Speed! (Hai Supido!) yang telah menerima penghargaan di kedua kontes Kyoto Animation Award.

Cerita Free! dimulai dengan empat anak laki-laki yaitu Haruka, Makoto, Nagisa, dan Rin sebelum mereka semua lulus dari sekolah dasar. Mereka berempat berpartisipasi dan mengikuti turnamen renang dan berhasil memenangkannya. Setelah itu mereka pun berpisah karena mereka masuk sekolah yang berbeda-beda.

Bertahun-tahun kemudian Makoto dan Haruka bergabung kembali dengan Nagisa setelah Naisa mendaftar ke SMA setahun setelah Haruka dan Makoto masuk SMA. Tidak lama setelah bergabungnya kembali mereka bertiga, Rin yang diduga berada di Australia, muncul kembali dan menantang Haruka untuk bertanding melawan Rin. Hasil pertandingan itu dimenangkan oleh Rin.

Setelah itu Nagisa memiliki ide untuk membuat sebuah klub renang dengan memanfaatkan kolam renang yang rusak. Mereka bertiga ditambah dengan anggota baru bernama Rei akhirnya membentuk Iwatobi dan bekerja sama membuat klub renang Iwatobi menjadi sukses. Sementara itu Rin merasa kemenangannya atas Haruka tidak berarti apa-apa baginya karena ia tahu Haruka telah berhenti berenang dan tidak dalam keadaan yang prima. Rin tidak bisa menerima hal itu dan tetap menantang Haruka untuk bertanding ulang dengan Rin secara nyata. Dengan adanya hal itu maka para anggota klbu renang Iwatobi pun berlatih dan berjuang untuk berkompetisi melawan Rin.


6. BIG WINDUP!




Big Windup berasal dari manga yang bercerita tentang olah raga baseball yang ditulis oleh Asa Higuchi dan digambar oleh orang yang sama dengan penulisnya. Sementara untuk serial animenya disutradarai oleh Tsutomu Mizushima dan telah tayang sebanyak 25 epsoide dari April sampai dengan September 2007.

Ceritanya berlatar belakang di Prefektur Saitama mengikuti kisah dari Ren Mihashi. Mihashi adalah pelempar ace sebelumnya di tim baseball sekolah menengahnya, tetapi sepertinya dia hanya mendapatkan posisi itu karena kakeknya adalah pemilik sekolah itu. Teman Satu timnya (terutama catcher tim, Hatake) membencinya, dan mereka selalu kalah dalam tiap pertandingan. Sampai akhirnya Mihashi yakin kalau dirinya adalah pelempar yang buruk dalam timnya. Dan dia pun merasa bersalah karena dia bertanggung jawab atas semua kekalahannya.

Padahal Mihashi adalah pelempar yang bekerja keras dan terampil dan alasan kenapa timnya selalu kalah dalam semua permainannya adalah karena kerja sama yang buruk diantara mereka. Karena teman satu timnya tidak pernah membicarakan permainan dengannya. Dan mereka juga tidak pernah memikirkan rencana atau strategi melawan saingan-saingan mereka.

Mihashi kemudian pindah ke Nishiura high school dan berencana untuk berhenti dari bermain baseball karena menurutnya dia tidak cukup baik untuk berhasil, meskipun dia masih menyukai bermain baseball. Namun pelatih mereka yang bernama Momoe memaksa Mihashi untuk bergabung dengan klub baseball sekolah sambil menonton mereka berlatih di luar lapangan. Dibantu teman satu timnya yang baru, dan terutama dari cathcer yang baru Takaya Abe, Mihashi berlatih menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk menjadikan klub baseball sekolahnya menjadi yang terbaik.


7. CAPTAIN TSUBASA




Siapa yang tidak tahu anime yang satu ini, hampir semua anak di negeri ini mengenal tokoh anime dari serial Captain Tsubasa. Seorang pemain sepak bola handal yang membawa klub bola sekolahnya menjadi klub sepak bola yang terkenal.

Tsubasa adalah seorang anak SD yang baru pindah sekolah dari kota lain ke kota Nankatsu. Dia suka bermain sepak bola dan bercita-cita menjadi pemain bola yang handal. Ketika dia masuk sekolah barunya, dia langsung bergabung dengan klub sepak bola di sekolahnya. Kapten klub sekolahnya adalah Ishizaki, lalu mereka berlatih di lapangan. Tapi rupanya latihan mereka diganggu oleh klub lain yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi. Lalu terjadilah kesepakatan, mereka akan bertanding bermain bola. Apabila SD Nankatsu bisa memasukkan gol satu saja ke gawang lawan maka mereka diperbolehkan untuk berlatih di lapangan itu. Awalnya Nankatsu selalau kebobolan dan bermain setengah lapangan. Baru ketika ada salah satu pemainnya yang cedera, dan Tsubasa menggantikannya, barulah permainan Nankatsu mulai menjadi baik.

Ketika pertandingan hampir selesai, tanpa diduga Tsubasa mendapat kesempatan menggiring bola. Dengan kepiawaiannya Tsubasa membawa bola dan akhirnya berhasil menggolkan bola ke gawang lawannya. Dan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya, maka Genzo dan kawan-kawannya tidak boleh mengganggu mereka lagi. Sejak itu dimulailah latihan Tsubasa dan petualangannya untuk menjadi pemain bola terbaik.


8. ACE OF DIAMONDS




Anime ini adalah adaptasi dari manga shonen Jepang yang ditulis dan digambar oleh Yuji Terajima. Anime yang bertema tentang olah raga baseball ini telah ditayangkan sejak tanggal 6 Oktober 2013 hingga 28 Maret 2016. Serial ini telah memenangkan penghargaan untuk manganya dan menjadi salah satu manga terbaik.

Baseball adalah olah raga yang populer di Jepang sehingga tidak heran jika beberapa seri anime telah mengangkat tema olah raga ini ke dalam ceritanya. Populernya olah raga ini menjadi salah satu penyebab kenapa serial anime olah raga ini memiliki episode yang cukup banyak, 126 episode. Dan masih ditambah dengan lima OVA atau original video actionnya. Dan semuanya hanya untuk Ace of Diamonds saja.

Anime ini cukup berbeda dengan anime bertema baseball lainnya. Sebagai contoh dalam anime ini terkadang mata karakternya berubah menjadi merah dan biru ketika sang karakter mengalami perubahan emosi dalam diri mereka. Belum lagi efek suara yang terbilang bagus, dan boleh jadi yang terbaik. Dan pengisi suara untuk karakter utamanya mendapatkan nilai lebih dari para penggemarnya.


9. TOMORROW'S JOE




Tomorrow's Joe atau Ashita no Joe adalah anime yang bertema tentang olah raga tinju. Anime ini hasil dari adaptasi dari manga yang ditulis oleh Asao Takamori dan penggambarannya oleh Tetsuya Chiba.

Joe Yabuki adalah seorang gelandangan muda yang berkesempatan untuk bertemu dengan Danpei Tange, seorang mantan pelatih tinju saat sedang keluyuran di San'├Ża. Joe ditangkap dengan tuduhan melakukan penipuan dan dijebloskan ke penjara. Di dalam penjara dia melawan Nishi Kanichi pemimpin sekelompok hooligan. Akhirnya Joe dan Nishi dipindahkan ke penjara yang lebih ketat di Toko Tokuto, sebuah penjara pusat bagi para tahanan muda yang berkilo-kilo jauhnya dari Tokyo.

Di sana Joe bertemu dengan Rikiishi, mantan petinju yang telah melegenda, dan persaingan diantara mereka berkembang setelah Rikiishi mencegah Joe dan Nishi melarikan diri. Akhirnya mereka mencoba menyelesaikan perselisihan itu dengan bertanding di ring tinju. Awalnya Rikiishi berhasil mendesak Joe tanpa bisa memberikan perlawanan yang berarti hingga akhirnya Joe dipukul KO oleh Rikiishi.

Merasa penasaran dengan hasil pertandingan pertama tadi, Joe dan Rikiishi bersumpah untuk bertanding ulang. Mengetahui Rikiishi akan dibebaskan, Rikiishi menantang Joe untuk bertarung disuatu saat nanti. Keduanya pun berjanji untuk bertemu lagi namun dengan situasi yang berbeda di mana keduanya akan bertarung sebagai petinju professional.


10. BABY STEPS




Anime ini adaptasi dari manga dengan judul yang sama hasil karya dari Hikaru Katsuki. Anime yang bercerita tentang olah raga tenis ini diproduksi oleh Studio Pierrot dan tayang dari April sampai September 2014.

Eiichiro Maruo adalah seorang siswa teladan di tahun pertama yang merasa kurang dengan keadaan dirinya yang menginginkan bisa mengikuti salah satu cabang olah raga di klub sekolahnya. Pada suatu ketika dia menemukan selebaran tentang klub tenis di sekolahnya dan memutuskan untuk memeriksanya.

Begitu melihat klub itu dia langsung terpikat dan meskipun dia tidak punya pengalaman sebelumnya dalam bermain tenis. Maruo pun sebenarnya memiliki kesehatan yang kurang baik. Dengan semangat dan keinginan kuatnya dia memulai usahanya untuk menjadi pemain tenis hebat. Dia juga menggunakan sifat rajinnya untuk melakukan pendekatan dalam berlatih tenis, mempelajari kebiasaan dan kecenderungan lawannya sehingga memungkinkan Maruo untuk memprediksi pukulan dan gerakan lawannya sebelum lawannya melakukannya.

Posting Komentar untuk "10 DAFTAR ANIME GENRE SPORT TERBAIK PADA MASANYA"